• MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PASER
  • Madrasah Hebat Bermartabat Menuju Prestasi Dunia

Profil

MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TANAH GROGOT

A. Sejarah

 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot, diresmikan atau dirikan pada Bulan Januari  tahun 1989, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tanah Grogot yang menjadi madrasah satu-satunya terpercaya di masyarakat. Pada Tahun 2016, Sekolah ini berubah nama Menjadi MI Negeri 1 Paser

 Pada tahun 1991, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser ialah Hj. Siti Raudah kemudian pada tahun 2005 diganti Drs. Nur Susanto. Dan pada tahun 2007 digantikan Dra. Hj. Rahmah Fitriah, M.Pd, dan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser periode Mei 2020 - sekarang adalah Fajriannor, S.Pd.I 

 Kepercayaan masyarakat kepada madrasah pada umumnya masyarakat Kecamatan Tanah Grogot, dan Khususnya Kelurahan Tanah Grogot Kabupaten Paser, dengan tujuan untuk mencerdaskan bangsa dalam rangka mensukseskan wajib belajar 9 ( sembilan ) tahun, menyiapkan generasi unggul yang memiliki potensi di bidang iman dan taqwa, dan ilmu pengetahuan membentuk sumber daya manusia        ( SDM ) yang aktif, kreatif, inovatif, sesuai dengan perkembangan zaman, membangun citra madrasah sebagai mitra yang terpercaya di masyarakat,

B. VISI DAN MISI MADRASAH

VISI : Unggul dalam prestasi, yang berdasarkan Imtaq dan Iptek yang berlandaskan kejujuran serta berwawasan lingkungan..

MISI : Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser

  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif , sehingga setiap siswa berkembang secara  optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  • Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah
  • Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenal potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara optimal
  • Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran Islam dan juga budaya kejujuran sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
  • Menerapkan manajemen partisipasif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite sekolah .
  • Menumbuhkan siswa untuk selalu hidup bersih.
  • Menerapkan Pembelajaran berbasis online
  • Melaksanakan UAMBD berbasis Komputer
  • Membiasakan siswa untuk melakukan cuci tangan sebelum melakukan aktivitas
  • Mendorong siswa untuk menciptakan lingkungan Hijau Berbunga Bersih dan Sehat.

 

  • Keunggulan Madrasah

Menjadi Sekolah yang unggul dalam prestasi dan trampil dalam penggunaan Ilmu pengetahuan dan Tehnologi berdasarkan Iman danTaqwa.

  1. Membentuk Siswa yang beriman bertaqwa kepada Allah SWT. Berbudi luhur, memiliki pengetahuan, terampil sehat jasmani dan rohani.
  2. Meningkatkan mutu / kualitas lulusan secara menyeluruh sehingga dapat mempersiapkan siswa-siswi untuk melanjutkan pendidikan dan sekolahnya ke jenjang lebih tinggi (MT’s N/ SMP dan seterusnya )
  3. Meningkatkan pelayanan sekolah kepada masyarakat terutama khususnya orang tua yang menyekolahkan putra-putrinya di MIN 1 Paser.
  4. Meningkatkan pendidikan di Kalimantan Timur khususnya di Kabupaten Paser.
  5. Mewujudkan sekolah yang berwawasan wiyata mandala, baik segi administrasi sekolah, proses berlajar mengajar, penataan dilingkungan sekolah serta hubungan sekolah dan masyarakat.

Mewujudkan sekolah unggulan dalam        :

  1. Unggul dalam Mencapai nilai UASBN dan UAMBN.
  2. Unggul dalam Lomba seni ( REBANA ) Moderen
  3. Unggul dalam Lomba Olah Raga.
  4. Unggul dalam Lomba Keterampilan.
  5. Unggul dalam kedisplinan.
  6. Unggul dalam Aktivitas ke Agamaan.
  7. Unggul dalam sikap kepedulian Sosial.
  • Cara Meningkatkan Madrasah

Potensi yang diinginkan dilingkungan Madrasah yang diharapkan untuk mendukung program peningkatan Madrasah           :

  1. Meningkat kualitas proses pembelajaran.
  2. Meningkat keterampilan praktikum pada Lab. Komputer.
  3. Meningkatkan Penguasaan Teknologi dan Informasi.
  4. Membekali siswa menghadapi UASBN / UAMBN.
  5. Meningkatkan ketersediaan buku pelajaran.
  6. Memperkuat suasana agamis di lingkungan madrasah.
  7. Meningkatkan Penguasaan Ilmu Pengetahuan Umum.
  8. Peningkatan Kegiatan Bidang Keagamaan dan Pendalaman Ajaran Agama Islam.
  9. Peningkatan Peringkat Juara dalam Lomba Olahraga, Seni Budaya dan Karya Tulis.
  • STRATEGI MADRASAH

         Pengelolaan Pendidikan diarahkan pada manajemen berbasis sekolah ( MBS ) kebijakan ini dirumuskan sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada warga madrasah  ( guru, kepala madrasah, orang tua wali, dan masyarakat ) untuk meningkatkan mutu madrasah berdasarkan kebijakan Pendidikan nasional. Kebijakan ini diharapkan dapat di terapkan di madrasaha.

         Namun keniscayaan itu tampaknya menjadi persoalan bagi madrasah, karena madrasah berbeda dari lembaga Pendidikan umum yang berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional, keberadaan madrasah secara struktural berada dibawah kementerian agama, meski madrasah memiliki karakteristik dan stuktur seperti sekolah umum. Keberadaan madrasah dibawah Kementerian agama cukup berpengaruh terhadap kondisi dan perkembangannya, pengaruh itu akan tampak jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah umum dilingkungan kementerian Pendidikan Nasional.

  • DUKUNGAN MASYARAKAT

Madrasah  : adalah satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang ada di Kecamatan Tanah Grogot pada umumnya, dan kelurahan tanah grogot pada khususnya, maka madrasah adalah salah satunya Pendidikan yang sangat di minati olah Masyarakat Kota Tanah Grogot, yang di tuntut untuk mampu menjadikan Out Put Unggul di segala bidang.

Mengutip pendapat masyarakat tentang Madrasah mengemukakan bahwa madrasah adalah suatu sistim organisasi dimana terdapat tentang Pembelajarannya adalah 30 %  Tentang Agama Islam dan 70 % tentang Pembelajaran Umum.

Madrasah adalah bagian dari masyarakat ia bukan merupakan lembaga yang terpisah dari masyarakat, hak dan hidup kelangsungan hidup madrasah tergantung pada masyarakat.

Madrasah lembaga sosial yang berfungsi untuk melayani Anggota masyarakat dalam bidang Pendidikan, Kemajuan madrasah dan masyarakat saling berkolerasi  keduanya saling membutuhkan, Masyarakat adalah pemilik Madrasah, Madrasah ada karena ada Masyarakat.

Madrasah sebagai suatu Pendidikan terdepan di dalam mendidik siswanya memerlukan pengelolaan professional sesuai dengan tugas fungsinya, adapun tugas fungsi yang utama adalah mengelola dan menyelenggarakan madrasah dengan langkah-langkah menyusun rencana dan melaksanakan program madrasah, mengacu pada anggaranyang tersedia.

  • TANTANGAN DAN SOLUSI MASALAH MADRASAH.
  1. Tantangannya :

         Pada proses Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) madrasah ada beberapa Kelemahannya pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser antara lain sebagai berikut          :

  1. Dari sisi citra lembaga, umumnya keberadaan madrasah belum di kenal oleh masyakat umum.
  2. Dari sisi perencanaan kegiatan, umumnya roda organisasi berjalan belum sesuai dengan perencanaan yang ada.
  3. Dari sisi organisasi, struktur organisasi yang ada sudah sederhana namun masih tumpang tintih.
  4. Dari sisi pembagian tugas, umumnya tidak memiliki batasan wewenang dan tanggung jawab, hak dan kewajiban secara propesional.
  5. Dari sisi didikasi tugas, umumnya madrasah dikelola secara paruh waktu karena semua staf sibuk dengan urusan administrasi masing-masing.
  6. Dari sisi kuantitas SDM, umumnya madrasah di jalankan oleh sejumlah Sumber Daya Manuasia ( SDM ) yang sudah sering ditunjuk pada pekerjaan itu tanpa adanya rolling antara satu staf dengan staf yang lain.
  7. Dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ), Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser masih memiliki daya kreativitas dan inivasi yang rendah.
  8. Dari sisi pilihan bekerja, kebanyakan aktivitas manajemen bukan merupakan pilihan bekerja yang utama, namun lebih sebagai batu loncatan, untuk mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi atau upah yang lebih tinggi.
  9. Dari sisi pengendalian kegiatan, umumnya organisasi tidak memiliki system monitoring dan evaluasi yang memadai, meskipun sudah ada standar pengendalian sebagai sebuah kekuatan internal.
  • Solusi Masalah
  1. Mengupayakan Lembaga Pendidikan yang mengembangkan aspek – aspek manusia secara Utuh, yaitu Aspek Spritual, Ilmu dan Intelektual serta keterampilan, Keagungan Akhlak.
  2. Untuk meningkatkan mutu lulusan dilakukan hal-hal sebagai :
    1. Mengarahkan para guru dan staf Tata Usaha untuk melakukan KBM tuntas dan tugas-tugas lainnya.
    2. Menambah jam pelajaran dengan pembengkakan pada mata Pelajaran yang di Ebtanaskan seperti, yaitu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Serta  Try Out Mata Pelajaran Pada Sore Hari.
    3. Meningkatkan fungsi dan tugas pengawasan baik administrasi sekolah dan administrasi  KBM  terhadap Guru dan tenaga pendidikan lainnya.  
    4. Memberikan pelajaran Remedial kepada siswa yang kurang nilainya dan memberikan pengayaan kepada siswa yang cepat.
    5. Untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat Komite Sekolalah secara periodik mengadakan pertemuan kepada orang tua siswa ( 1  Tahun  sekali ).
    6. Menata dan mengembangkan sekolah yang berwawasan wiyata mandala.

T U J U A N

  1. Meningkatkan Kemampuan bersaing Peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang Pendidikan selanjutnya.
  2. Meningkatkan Kemampuan Peserta didik dalam memamfaatkan Ilmu Pengetahuan dan 
  3. Meningkatkan kemampuan Peserta didik dalam berlatih menjadi insan yang berakhlak Mulia.
  4. Meningkatkan kemampuan Peserta didik dalam memperoleh keterampilan hidup melalui kegiatan pengembangan diri.
  5. Optimalisasi Pengembangan Madrasah Berbasis Kopentensi.
  6. Mempersiapkan Peserta didik diterima di MTS’N / SMP yang bermutu dan di Masyarakat.
  7. Membekali Peserta didik dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sejalan dengan Perkembangan Jaman.
  8. Menciptakan insan yang beraklak mulia dengan memperkuat Keimanan da Ketaqwaan.
  9. Membekali siswa dengan keterampilan melalui kegiatan pengembangan diri bidang Bimbingan Konseling dan Karir, Pembiasaan, Pramuka, PMR, Bola Volly, Bola Basket, Sepak Bola, Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa, TPA (Majelis Ta’lim).
  • TUJUAN SAMPAI TAHUN 2019

Berdasarkan Visi dan Misi tersebut diatas maka disusunlah tujuan yang ingin di capai dalam penyelenggaraan Sekolah pada tahun 2019

yaitu          :

  1. Meningkatkan rata-rata Nilai UASBN dari 6,00 menjadi  7,50
  2. Meningkatkan pembinaan kedisiplinan.
  3. Meningkatkan kepribadian yang agamis baik di Sekolah, di Rumah dan di lingkungan masyarakat.
  4. Memiliki tim Olah raga dan group kesenian yang tangguh untuk menjadi juara umum.
  5. Meningkatnya peringkat juara lomba bidang studi Matematika Tingkat Kabupaten.
  • Sasaran Sekolah di akhir tahun 2019/2020.
  1. Bidang akademis :

     Rata-rata nilai     UASBN / UAMBN meningkat dari  6,00 menjadi  7,50.

  1. Bidang Non akademis :
  2. Memiliki Qori dan Qiri’ah yang menjadi juara  Tingkat  Kabupaten dalam LPTQ 
  3. Memiliki Qori dan Qiri’ah Tem Pemain Sepak Bola, Voly, dan Basket diharapkan mampu menyaingi Sekolah lain.
  1. Memiliki Tem Nasyid dan Rebana serta Qiri’ah yang  mendi juara I Tk. Kabupaten.
  2. Memiliki satu tem Pramuka yang tangkas dan terlatih untuk menjadi utusan kwarcab  Pasir di tingkat propinsi maupun Nasional.

Memiliki tingkat disiplin yang baik dimasyarakat, keluarga maupun di Sekolah.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI DAN MISI MADRASAH                VISI : Unggul dalam prestasi, yang berdasarkan Imtaq dan Iptek yang berlandaskan kejujuran serta berwawas

07/05/2020 05:09 - Oleh Dzakirul Husni - Dilihat 201 kali